Diberdayakan oleh Blogger.

Ads 468x60px

Featured Posts

Selasa, 02 April 2013

Penilaian Tes CPNS

 Informasi yang didapat dari sumber terpercaya pada salah satu lembaga (universitas) yang menjadi mitra pemda dalam seleksi penerimaan CPNS menyebutkan bahwa skala kematangan merupakan materi tes yang sangat menentukan dalam perolehan nilai dan kelulusan peserta tes.

Dalam tes skala kematangan tidak ada jawaban yang salah, semua jawaban benar, yang membedakan hanyalah skala atau skor masing-masing jawaban (antara 1 sampai 5).

Bagaimana materi ini bisa sangat menentukan?

Berdasarkan ketentuan Badan Kepegawaian Negara, komposisi materi Skala Kematangan adalah 35% dari seluruh soal Tes Kompetensi Dasar (TKD), dengan sistem penilaian sperti pada tabel berikut :

Sistem Penilaian Tes CPNS
Jenis Tes
Cara Penilaian
Nilai Terendah
Nilai Tertinggi
Tes Pengetahuan Umum
Benar = 5
0 x 35 = 0
5 x 35 = 175
Salah = 0
Tes Bakat Skolastik
Benar = 5
0 x 30 = 0
5 x 30 = 150
Salah = 0
Skala Kematangan
Skala 1- 5
1 x 35 = 35
5 x 35 = 175




Selama ini, calon peserta tes CPNS hanya terfokus pada latihan soal-soal atau materi Tes Pengetahuan Umum dan Tes Bakat Skolastik. Memang dalam petunjuk pengerjaan soal tes skala kematangan menyebutkan “Jawablah sesuai dengan pikiran dan kepribadian Anda”. Tapi, seberapa yakin Anda kalau apa yang Anda pikirkan atau kepribadian Anda adalah yang terbaik, sehingga semua jawaban Anda mendapat skala 5? Inilah yang terjadi, banyak peserta tes dengan segudang prestasi akademik, keluar universitas dengan predikat cumlaud, peserta yang diprediksi semua pihak pasti lolos tes CPNS, justru tersingkir dalam persaingan merebutkan formasi yang pastinya sangat sedikit bila dibanding peserta tes. Nol Koma, nilai yang sangat berarti dalam perangkingan formasi CPNS, apalagi kalau sampai 140.

0 komentar:

Poskan Komentar